cara login mudah modem/ont indihome zte f660 dan zte f609


Untuk saat ini ONT ZTE F609 bawaan telkom mempunyai user “root” yang hanya bisa diakses menggunakan CLI (Command Line Interface)yang agak sulit untuk konfigurasinya melalui CLI apalagi untuk user yang masih awam dengan CLI. namun dibalik kerumitannya terdapat kekuatan dalam menconfigurasi ONT dimana tidak didapatkan pada mode webpages-nya. karena user “root” ini sangatlah superuser maka perlu dilakukan perubahan default passwordnya agar orang lain yang di dunia maya tidak bisa mengakses ONT kamu. 

kalau hanya untuk sekedar masuk sebagai user (banyak menu yang tidak terbuka) anda hanya perlu menggunakan user :user dan password: user.


 

akan tetapi kadang pengguna perlu untuk menyetting menggunakan user admin (misalkan untuk setting cctv,server game, dll) banyak tutorial yang sudah menjelaskan caranya, tetapi mungkin untuk orang yang awam akan it akan susah untuk memahaminya. disini saya akan jelaskan cara yang paling mudah, dimana semua orang akan bisa menggunakannya.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
1. Lepas kabel optik yg menancap pada ont anda,biasanya kabel berwarna kuning. untuk melepasnya agak hati hati, agar konektornya tidak rusak.
2. setelah dilepas reset ont anda. reset bisa menggunakan bolpoint atau lidi, cukup dengan cara dicolokkan di tombol reset. colok sekitar 10 detik kemudian lepaskan kembali.
3. setelah anda reset ont anda, jangan masukkan dulu kabel fibernya. biarkan jaringan anda dalam keadaan los.
4. coba masuk ke ip modem dan masukkan user : admin. password : admin. ingat posisi ont harus dalam posisi los atau offline.
5, setting apapun yang anda inginkan dalam posisi offline ini. anda tidak perlu memasukkan user dan password telkom anda, karena begitunanti kabel fiber optik anda colokkan maka settingan akan otomatis masuk dan internet anda akan online lagi.

Oke saya rasa penjelasan saya cukup jelas, untuk pertanyan mungkin bisa langsung di kolom komentar, dan akan saya balas sebisa saya.
salam pemula...

Comments

Popular posts from this blog

smc